Powered By Blogger

Saturday 16 July 2016

Kepulauan Solomon, Vanuatu, FLNKS & ULMWP mempertahankan dukungan atas Papua Barat



Melanesian Leaders (Pemimpin MSG bersama Ketua MSG Hon. Menasseh Sogavare)


By PM Press
15 Juli 2016 


Ketua MSG, Perdana Menteri Sogavare disambut oleh pemimpin ULMWP untuk dukungan setia pada isu Papua Barat di KTT ke-20 MSG Leaders 'di Honiara, Solomon Islands.


Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kanak Nasional Sosialis Front (FLNKS) dan Gerakan Pembebasan United Liberation Movement  untuk Papua Barat (ULMWP) tetap yakin pada dukungan mereka terhadap aspirasi untuk Penentuan Nasib Sendiri Rakyat Papua Barat dan keanggotaan penuh ULMWP untuk MSG.

Para anggota MSG di atas berkomitmen untuk mengadvokasi Papua Barat dan sangat mematuhi prinsip-prinsip yang merupakan inti dari MSG, yang merupakan 'aspirasi politik penentuan nasib sendiri dari kami orang Melanesia. "

Ada pengakuan bahwa komitmen tersebut akan membutuhkan kepemimpinan yang tegas dan etis dan pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai kami orang Melanesia.

Para anggota MSG terus mengutuk pelanggaran hak asasi manusia dari orang asli Papua Barat dan akan mendaftar keprihatinan kami di Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa dan forum regional dan internasional lainnya.

Dengan demikian, mereka akan mendukung Kerangka Forum Kepulauan Pasifik untuk Pacific Regionalisme,  kekhawatiran tertentu diungkapkan oleh para pemimpin Kepulauan Pasifik tentang laporan kekerasan di Papua Barat dan memanggil semua pihak untuk melindungi dan menegakkan hak asasi manusia dari semua warga di Papua Barat.

Kepulauan Solomon, Vanuatu dan FLNKS mengundang Negara-negara di kepulauan Pasifik lainnya untuk melakukan hal ini dengan cara damai dan untuk mengangkat isu pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat di Sidang Majelis Umum PBB pada bulan September 2016, pertemuan Dewan HAM PBB di Jenewa pada September 2016 dan juga Maret 2017.

--------------------------------------------------------------
Catatan oleh Pejuang Papua Merdeka (Sebby Sambom):
Indonesia boleh klaim bahwa ULMWP gagal menjadi anggota penuh MSG, tapi ini belum final. Finalnya akan diputuskan pada Bulan September tahun 2016 di Port Vila, Vanuatu. Oleh karena itu, kami bangsa Papua Barat terus berjuang hingga Papua Merdeka Penuh dari Kolonialisme Indonesia. 

An English you may read on the link below...!!!

 
Translated and Republishing by
Sebby Sambom
West Papuan Human Rights Defender
(Former West Papuan Political Prisoner)
-------------------------------------------------

1 comment: